Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Opini Pendidikan Mengenai UNBK


Ujian Nasional Berbasis Komputer, Apakah Perlu Di Audit Kembali?
 Gambar terkait
 
Manusia merupakan sumber daya nyata yang menjadi banyak pusat perhatian bagi banyak kalangan. Pada hakikatnya, manusia memiliki peran yang besar dalam menentukan kemajuan sebuah organisasi baik di lembaga pendidikan maupun di lembaga-lembaga lainnya. Karena disini manusia yang menggerakkan serta menjalankan organisasi tersebut. Adapun sumber daya yang dikontribusikan antara lain: fisik, knowladge, dan social. Maka dari itu peranan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat berperan penting dalam bidang pendidikan maupun bidang-bidang yang lainnya.
Salah satu diantara banyak bidang-bidang maupun lembaga yang bergerak di suatu organisasi salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan sendiri merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah antara guru dan siswa guna untuk memperoleh pengetahuan. Orangtua tentunya menyekolahkan anaknya agar anaknya nantinya dapat menjadi orang yang sukses dan berguna bagi sekitarnya. Banyak usaha serta pengorbanan yang dilakuan orangtua terhadap anaknya agar dapat menjadi yang terbaik di sekolahnya seperti menyuruh anaknya bimbingan belajar di lembaga bimbingan belajar di luar rumah sampai menyuruh les privat di rumahnya sendiri. Hal-hal tersebut adalah bentuk usaha dari orangtua agar anaknya dapat menjadi siswa yang berprestasi di sekolahnya.
Semakin lama sistem yang diterapkan di dunia pendidikan terus berkembang bahkan mengalami pergantian seperti sistem kurikulum, sistem ujian nasional dan lain-lainnya. Dahulu ujian nasional pada saat pelaksanaannya masih menggunakan kertas baik mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Akan tetapi semakin berkembangnya zaman serta teknologi, sistem ujian yang dilaksanakan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dulunya masih menggunakan kertas sekarang sudah menggunakan komputer, atau yang lebih dikenal dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).
Tentunya dengan adanya pergantian sistem ini, masih menuai beberapa pro-kontra dari masyarakat maupun dari siswa nya sendiri. Di sisi lain salah satu dampak positif dengan adanya UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah mengurangi produksi kertas dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi masih ada beberapa hambatan yang terjadi di lapangan pada saat pelaksanannya. Masih terdapat ganggungan jaringan atau Wi-Fi yang kadang koneksi nya masih terganggu. Pada saat inilah siswa peserta ujian merasa panik ketika sudah siap untuk ujian akan tetapi masih terdapat kendala pada computer yang akan dipakainya.
Tentunya pemerintah sebelum menetapkan suatu kebijakan yang baru sudah memikirkan dampak positif muapun negatifnya. Alangkah baiknya pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan melakukan tolak ukur anatara UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dengan ujian nasional yang menggunakan kertas. Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas ujian nasional siswa. Selain itu, juga harus memperhatikan kondisi sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Jika komputer yang terdapat di suatu sekolah jumlahnya minim, nantinya siswa peserta ujian akan melaksanakan ujian nasional secara bergantian. Untuk melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), tidak hanya pemerintah yang melakukan himbauan, akan tetapi peran dari masing-masing pihak sekolah juga sangat penting. Pihak sekolah baik kepala sekolah maupun guru serta staff-staff lainnya juga perlu pengecekan ulang serta melakukan himbauan persiapan sebelum hari H pelaksanaan ujian. Terutama dalam hal pengecekan komputer serta jaringan-jaringannya.
Untuk menerapkan suatu sistem baru memang tidaklah mudah. Diperlukan banyak usaha serta implementasi langsung untuk mencapainya. Pro-kontra selalu ada, tergantung bagaimana nantinya menyikapinya. Mengingat hal ini berdampak  pada kualitas pendidikan kedepannya, diharapkan untuk kedepannya pemerintah dapat menyamaratakan pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang ada di Indonesia, hingga ke daerah yang pelosok. Meskipun masih minim komputer di beberapa sekolah yang membuat peserta ujiannya melakukan ujian bergantian, maka pihak sekolah baik kepala sekolah, guru, maupun staff karyawan lainnya melakukan audit internal.
Apa saja yang menjadi kendala pada saat ujian berlangsung, nantinya dapat di musyawarahkan bersama-sama. Maka dari itu alangkah baiknya setiap sekolah melaksanakan audit secara teratur. Apabila nantinya terdapat masalah yang ditemukan, maka dapat dicarikan solusinya bersama-sama sehingga untuk kedepannya pelaksanaan tersebut tidak menjadi penyakit yang berkelanjutan bagi sekolah untuk kedepannya. Adanya audit nantinya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi masing-masing sekolah yang melakukan audit itu sendiri. Lalu hasil dari audit yang sudah dilaksanakan oleh masing-masing sekolah dapat juga menjadi masukan atau evaluasi untuk pihak pemerintah sebagai langkah awal untuk melaksanakan audit eksternal.



















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Pendistribusian Sarana dan Prasarana Sekolah

PENDISTRIBUSIAN SARANA DAN PRASARANA       Pendistribusian Sarana dan Prasarana P endistribusian sarana dan prasarana merup...